Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
Kader kesehatan dari 10 posyandu

Insentif adalah tambahan penghasilan berupa barang, uang dan lain sebagainya yang diberikan kepada seseorang untuk meningkatkan gairah dalam bekerja. Insentif kader posyandu khususnya di Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan ini tidak sebanding dengan kinerja para kader di masing-masing posyandu. Sangat jauh dari kata “penambah gairah kerja”. Apalagi jika dilihat dari definisi kader kesehatan yaitu mereka (laki-laki/perempuan) yang dipilih masyarakat sekitar untuk dilatih menanganj masalah-masalah kesehatan perseorangan maupun bekerja dalam hubungan yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan.

Total ada 50 (limapuluh) orang kader kesehatan di Desa Sidamukti yang selama ini belum banyak mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Desa. Di sisi lain pada bidang pelayanan kesehatan dasar ini ada beberapa kegiatan yang dianggarkan dari Sumber Dana Desa setiap tahunnya, artinya mereka harus berbagi dengan kegiatan lain dalam hal alokasi anggaran.

Penyerahan insentif secara simbolis

Hari ini (Kamis 8 Desember) mereka diundang untuk menerima insentif selama 2 (dua) bulan, Pemdes melalui Sekretaris Desa berpesan kepada para kader; untuk selalu menjaga kesehatan karena kader menjadi gada terdepan untuk memberikan informasi kesehatan dan sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke postandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penyerahan bantuan sarpras kesehatan

Selain itu pada kegiatan diatas juga setiap posyandu mendapatkan bantuan sarana prasarana kesehatan dari Dana Desa berupa masing-masing : 1 (satu) unit timbangan injak digital. 1 (satu) unit alat tensi darah digital dan 1 (unit) almari sebagai kelengkapan posyandu sebagaimana pada tahun sebelumnya mereka mendapat bantuan serupa hanya berbeda jenis dan barangnya.

Beberapa usulan yang masuk dari kader kesehatan yang hadir agar dalam APBDes Tahun Anggaran 2023 Pemerintah Desa bisa meningkatkan jumlah insentif tiap bulannya dan menambah lagi bantuan sarpras untuk posyandu, bahkan ada yang nyeletuk (istilah Jawa) minta seragam kader dan plesir (rekreasi/study tiru). Semoga….