Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

BPKP Mengadakan Bimtek tentang Pengelolaan Aset Desa: Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi di Kabupaten Cilacap

Pengelolaan aset desa merupakan hal yang penting dalam pembangunan dan pemerintahan di tingkat lokal. Aset desa, seperti tanah, bangunan, dan sumber daya lainnya, memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Untuk memastikan pengelolaan aset desa yang efisien dan transparan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengelolaan aset desa di Kabupaten Cilacap. Artikel ini akan mengulas tentang upaya BPKP dalam meningkatkan pengelolaan aset desa melalui Bimtek di Kabupaten Cilacap.

Bimtek yang diadakan oleh BPKP bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada aparatur desa di Kabupaten Cilacap dalam pengelolaan aset desa yang efektif dan terukur. Bimtek ini melibatkan para kepala desa, petugas administrasi desa, dan pihak terkait lainnya yang terlibat dalam pengelolaan aset desa.

Pada Bimtek ini, peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan aset desa yang baik, termasuk penatausahaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan peningkatan nilai aset. Mereka juga diajarkan tentang peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan aset desa, seperti Undang-Undang Desa dan peraturan teknis yang berkaitan.

Selain itu, dalam Bimtek ini peserta juga diberikan informasi tentang pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan aset desa. Penggunaan aplikasi atau sistem informasi dapat mempermudah proses administrasi, pemantauan, dan pelaporan terkait aset desa. Peserta Bimtek diberikan pengetahuan tentang aplikasi atau sistem informasi yang dapat digunakan dalam pengelolaan aset desa, serta pelatihan praktis dalam penggunaannya.

Melalui Bimtek, diharapkan para aparatur desa di Kabupaten Cilacap dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan aset desa. Dengan pengelolaan yang efisien dan transparan, aset desa dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pengelolaan aset desa yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.

Bimtek tentang pengelolaan aset desa yang diselenggarakan oleh BPKP juga memiliki dampak jangka panjang yang positif. Dengan pengelolaan aset desa yang terencana dan terstruktur, potensi pendapatan desa dapat dimanfaatkan secara optimal. Aset desa yang dikelola dengan baik juga dapat menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan bagi desa, seperti melalui penyewaan lahan atau bangunan, atau pengembangan potensi wisata.

Dalam kesimpulan, BPKP mengadakan Bimtek tentang pengelolaan aset desa di Kabupaten Cilacap sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan aset desa. Melalui Bimtek ini, para aparatur desa diberikan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan aset desa yang efektif dan terukur. Diharapkan dengan adanya Bimtek ini, pengelolaan aset desa di Kabupaten Cilacap dapat semakin baik, memberikan manfaat optimal bagi masyarakat, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.Pengelola Aset di Bimtek BPKP