Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Patimuan, 13 September 2023 – Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak, Korwil Pusat Pelayanan dan Advokasi Perlindungan Perempuan dan Anak (PPAKB) Patimuan mengadakan sesi penyuluhan di Pendopo Balai Desa Sidamukti pada Rabu, 13 September 2023. Hotmauli A. Riska, selaku koordinator wilayah (Korwil) PPAKB Patimuan, memimpin acara ini dengan penuh semangat.

Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya melindungi anak-anak dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan penyimpangan lainnya. Perlindungan anak bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, melainkan harus diemban oleh seluruh komponen masyarakat, termasuk orang tua, guru, dan instansi terkait.

Hotmauli A. Riska memberikan pemahaman mendalam tentang tanda-tanda kekerasan dan eksploitasi yang mungkin dialami oleh anak-anak. Hal ini sangat penting agar masyarakat dapat mendeteksi dini dan mengambil tindakan yang tepat apabila menemui situasi yang mengancam keselamatan dan kesejahteraan anak.

Selain mengenali tanda-tanda kekerasan, penyuluhan ini juga membahas upaya pencegahan kekerasan dan perlindungan anak. Hal-hal seperti mendidik anak tentang hak-haknya, menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, serta membangun komunikasi yang terbuka antara orang tua dan anak menjadi fokus utama.

Hotmauli A. Riska menjelaskan peran PPAKB dalam membantu korban kekerasan dan perlindungan anak. Selain itu, ia juga mendorong masyarakat untuk aktif melaporkan kasus-kasus kekerasan anak yang mereka ketahui agar dapat segera ditangani dan memberikan perlindungan yang tepat bagi anak-anak.

Penyuluhan ini menciptakan kesadaran akan pentingnya berperan aktif dalam melindungi anak-anak, menggalang komitmen bersama untuk memastikan lingkungan yang aman dan terlindungi bagi mereka. Perlindungan anak adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik, di mana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kondisi yang aman dan penuh kasih sayang.

Semoga penyuluhan ini memicu gerakan kolektif dalam memastikan perlindungan anak menjadi prioritas bagi seluruh masyarakat, sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan mendukung.