Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

KH Jamun Effendi

Organisasi Muslimat Fatayat NU (Nahdlatul Ulama) memiliki peran penting dalam memperkuat peran dan kontribusi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Di tingkat PAC (Pimpinan Anak Cabang) Patimuan, kegiatan rutin dalam bentuk pertemuan menjadi wadah untuk memperkuat ukhuwah (persaudaraan) dan pemberdayaan perempuan. Salah satu lokasi yang sering menjadi tempat berlangsungnya pertemuan ini adalah di Sidamukti, di mana para anggota dan pemimpin organisasi berkumpul untuk saling berbagi, belajar, dan mempererat ikatan.

Pertemuan rutin Muslimat Fatayat PAC Patimuan di Sidamukti memiliki beragam fokus kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan, pendidikan agama, dan kesejahteraan sosial. Beberapa tujuan utama dari kegiatan ini antara lain:

1. Pembinaan Rohani: Pertemuan rutin ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman agama dan spiritualitas para anggota. Kajian agama, tadarus Al-Quran, dan diskusi mengenai nilai-nilai keislaman menjadi bagian penting dari pertemuan ini.

2. Pemberdayaan Perempuan: Organisasi ini berkomitmen untuk memberdayakan perempuan dalam berbagai bidang. Pertemuan ini merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang dapat meningkatkan peran perempuan dalam masyarakat.

3. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan: Diantaranya Santunan Dhu’afa, Yatim piatu serta Pertemuan juga membahas dan merencanakan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan. Dengan bersama-sama bergerak, anggota Muslimat Fatayat PAC Patimuan berupaya memberikan dampak positif pada masyarakat di sekitarnya.

Pertemuan rutin di Sidamukti biasanya dilakukan secara berkala, seperti bulanan atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Selama pertemuan, berbagai kegiatan diadakan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang telah disebutkan di atas. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan antara lain:

1. Kajian Agama dan Pendidikan: Kajian agama dan pendidikan menjadi fokus utama dalam pertemuan kali ini diisi oleh KH.Drs. Jamun Efendi , M.Si, Awan Suriah PCNU Cilacap, pemateri yang lain seperti KH. Gunadi M Aziz, S.Pd.I, Selaku Tanfidziyah MWC Patimuan KH Achmad Toharun selaku Rois Suriah Ranting Sidamukti juga memberi Pembekalan di kegiatan ini. Mereka ahli dalam bidangnya diundang untuk memberikan pengajaran dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai ajaran Islam.

2. Diskusi dan Pelatihan: Diskusi terbuka dan pelatihan digelar untuk memperbincangkan isu-isu sosial, kemanusiaan, dan pemberdayaan perempuan. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan anggota tentang berbagai masalah di masyarakat.

3. Kegiatan Kreatif dan Sosial Sesekali, pertemuan dapat diisi dengan kegiatan kreatif seperti seni dan kerajinan tangan, yang juga memiliki nilai edukatif dan terapeutik. Kegiatan sosial, seperti penggalangan dana untuk membantu masyarakat, juga dapat dilakukan.

Pertemuan rutin Muslimat Fatayat PAC Patimuan di Sidamukti telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi anggota dan masyarakat sekitar. Beberapa dampak positif tersebut meliputi:

1. Penguatan Ukhuwah Pertemuan rutin ini memperkuat persaudaraan dan hubungan antaranggota Muslimat Fatayat. Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung, saling menginspirasi, dan memperkuat ikatan keislaman.

2. Pemberdayaan Perempuan Anggota Muslimat Fatayat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat mereka aplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan mereka, baik dalam peran domestik, sosial, maupun berwirausaha.

3. Dampak Sosial Positif Melalui kegiatan sosial dan kemanusiaan yang diinisiasi dalam pertemuan, anggota Muslimat Fatayat berkontribusi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan dan menciptakan lingkungan yang lebih peduli.

Pertemuan rutin Muslimat Fatayat PAC Patimuan di Sidamukti adalah wadah yang sangat berarti dalam memperkuat ukhuwah dan pemberdayaan perempuan. Melalui kegiatan ini, anggota dapat meningkatkan pemahaman agama, saling berbagi pengetahuan, serta berkolaborasi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan terus melanjutkan dan mengembangkan pertemuan rutin ini, diharapkan pengaruh positif yang dihasilkan dapat semakin luas dan berkelanjutan.