Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
Kegiatan Posyandu

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan anak saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Dalam konteks ini agama Islam juga dalam ajarannya menyarankan untuk menjaga dan merawat jiwa.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Pun demikian dengan Desa Sidamukti Kec. Patimuan Kab. Cilacap yang memiliki 10 (sepuluh) unit posyandu di 5 (lima) dusun dengan masing masing, setiap posyandu memiliki 5 (lima) orang kader yang siap memberikan pelayanan dan didampingi oleh Bidan Desa yaitu Ibu Sevi. Hari ini Kamis, 8 Desember 2022 kegiatan Posyandu Bayi Balita diselenggarakan oleh Posyandu Bina Kencana 2 Rw 4 Dusun Gendiwungcagak. Posyandu juga sangat penting untuk diikuti karena memiliki banyak manfaat lain, seperti: pelayanan Imunisasi, Pemberian Vitamun dan Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit. Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk.

Semoga kegiatan ini akan terus dirasakan manfaatnya oleh warga desa Sidamukti terutama ibu hamil, balita dan anak. Kelah mereka akan menjadi generasi yang sehat, kuat dan cerdas serta berguna bagi Nusa dan bangsa.