Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Apa itu PAMSIMAS? Menurut Dedi Tarsono, S.E., yang merupakan Koordinator KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) PAMSIMAS Desa Sidamukti yang juga Kaur Umum dan Perencanaan Desa Sidamukti, PAMSIMAS adalah singkatan dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Pada tahun 2019 ini Desa Sidamukti yang mendapatkan program PAMSIMAS tersebut. Karena hanya dapat menjangkau kurang lebih 2 RW, tidak semua warga Desa Sidamukti merasakan manfaat dari program tersebut. Dan Dusun Panyeretan yang mendapat jatah, dan daerah yang memungkinkan untuk pelaksanaan program tersebut adalah RW 10 dan RW 11.

Pada hari Sabtu, pukul 13.00 WIB, Pemerintah Desa Sidamukti mengadakan sosialisasi PAMSIMAS di rumah Bapak Cano Misnahuddin, Kepala Dusun Panyeretan. Acara tersebut mengundang seluruh Perangkat Desa Sidamukti, Tokoh Masyarakat, dan warga RW 10 dan RW 11 Dusun Panyeretan. Acara dibuka oleh Kepala Desa Sidamukti, Bapak Dharsono. Dalam sambutannya Bapak Kepala Desa Sidamukti mengatakan bahwa Program PAMSIMAS diadakan untuk menutup kebutuhan masyarakat akan air bersih. Rencana kegiatan tahun 2019, dan sekarang baru sosialisasi.

Program PAMSIMAS ini mempunyai tiga fasilitator, yaitu fasilitator teknik, Sutejo, fasilitator pemberdayaan, Andri Sugianto, dan fasilitator ekonomi, Asep Kuswanto. Dan yang hadir pada acara tersebut adalah Asep Kuswanto. Menurut beliau, tujuan program PAMSIMAS ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih, melayani maryarakat yang belum mendapat pelayanan PAM, dan mengubah perilaku masyarakat, untuk Indonesia, secara khusus adalah suapaya bebas dari BAB sembarangan.

Program PAMSIMAS ini yang akan melaksanakan adalah masyarakat itu sendiri dengan sebagian didanai oleh pemerintah pusat, sisanya dari pemerintah desa dan swadaya masyarakat. Untuk Desa Sidamukti, dana yang dibutuhkan adalah 350 juta, dari Pemerintah Pusat 240 juta, dari Pemerintah Desa 35 juta, yang diambil dari APBDes, dan sisanya warga RW 10 RW 11 Dusun Panyeretan, yaitu 70 juta.

Pada kesempatan ini juga membentuk Kepengurusan PAMSIMAS, yang dipandu oleh Kuswara S.Pd.I, Sekretaris Desa Sidamukti. Kepengurusan PAMSIMAS terdiri dari KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat), Satlak (Satuan Pelaksana), dan Kapespam (Kelompok Pengelola PAM). KKM : Dedi Tarsono (Ketua), MIsabahudin, Taslim, Sutarli, Sakirah, Satlak : Supangat (Ketua), Yeti (Sekretaris), Darsono (Bendahara), Dasino dan Sakiyo (Teknis), Endang dan Wahyuni Kusumawati (Kesehatan), Waryono dan Purwanto ( Pengaduan Masyarakat). Kapespam : Sudir (Ketua), Udin, Yanti, Tarsidi, dengan Kader Desa : Tri Pudyastuti dan Miftahurrahman.