Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) adalah salah satu pondasi utama dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi masyarakat. Dalam upaya meningkatkan standar pelayanan, Puskesmas Patimuan memutuskan untuk mengambil langkah besar dengan mendaftarkan diri untuk proses akreditasi. Proses ini tidak hanya melibatkan tenaga medis dan petugas kesehatan, tetapi juga membuka pintu untuk berbagai sektor di luar kesehatan untuk memberikan kontribusi penting.

Hari ini Jum’at 29 September 2023 Puskesmas Patimuan menghadirkan Forkopimcam Patimuan sebagai bagian pelaksanaan akreditasi untuk mewawancarai pejabat lintas sektor atau memberikan testimoni terkait pelayanan dan pendampingan Puskesmas terhadap warga di Kecamatan Patimuan. Hadir dalam kesempatan pagi ini, Camat Patimuan, Danramil Kedungraja-Patimuan, Kapolsek, Koreil Bidik, Kades Sidamukti dan Rawaapu beserta sekretaris desa, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Patimuan, Korwil PPA KB, Tokoh Masyarakat, Ormas Fatayat Patimuan dll.

Serveior Tim Akreditasi adalah Bapak Tri Adihandoyo, SKM, M.Kes dan Ibu dr. Sulistiyowati, M.Kes hadir untuk mewawancarai dan meminta testimoni pada pejabat lintas sektor di wilayah patimuan, dan memberikan tanggapan beragam diantaranya;

  1. Sinergi Lintas Sektor: Menyatukan Langkah dalam Akreditasi Puskesmas

Dalam upaya mencapai akreditasi yang berkualitas, Puskesmas Patimuan menyadari bahwa kolaborasi lintas sektor adalah kunci. Berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, Pemerintah Desa, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan sektor swasta berkomitmen untuk bersinergi mendukung pencapaian akreditasi ini.

  1. Komitmen Bersama: Dedikasi Penuh untuk Kualitas Pelayanan

Testimoni lintas sektor mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Patimuan. Pihak-pihak terlibat sepakat bahwa hanya dengan kolaborasi yang erat dan fokus yang terarah, akan mungkin mencapai tingkat akreditasi yang diinginkan.

  1. Peran Pemerintah: Mendukung Penuh Langkah Puskesmas Patimuan

Pemerintah Kabupaten Cilacap memainkan peran penting dalam mendukung Puskesmas Patimuan selama proses akreditasi. Mulai dari alokasi anggaran, pengadaan sarana dan prasarana, hingga memberikan arahan dan bimbingan teknis yang diperlukan.

  1. Dukungan Masyarakat: Keterlibatan Aktif untuk Meningkatkan Pelayanan

Masyarakat juga memegang peran vital dalam mendukung akreditasi Puskesmas. Mereka memberikan masukan berharga, mengikuti program-program kesehatan, dan mendukung penyelenggaraan program vaksinasi dan penyuluhan kesehatan.

  1. Peran Akademisi: Pengetahuan yang Mendukung Inovasi

Lembaga pendidikan setempat, terutama dalam bidang kesehatan, memberikan kontribusi penting dengan memberikan pengetahuan dan inovasi. Mereka turut serta dalam memberikan pelatihan dan penyuluhan, memastikan tenaga kesehatan terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan medis terbaru.

  1. Keterlibatan Swasta: Kontribusi dalam Pelayanan Kesehatan yang Berkelanjutan

Sektor swasta juga ikut memberikan kontribusi penting. Banyak perusahaan dan lembaga swasta membantu dengan menyediakan peralatan medis, dana, dan bantuan teknis guna meningkatkan kualitas dan standar pelayanan Puskesmas.

  1. Keberhasilan Akreditasi: Bukti Sinergi Lintas Sektor yang Berhasil

Komitmen dan kerja keras dari berbagai sektor tersebut akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. Puskesmas Patimuan berhasil meraih akreditasi dengan nilai yang memuaskan, mengukuhkan keberhasilan dari kolaborasi lintas sektor.

Hasil positif ini menjadi landasan untuk masa depan yang lebih baik. Sinergi lintas sektor akan terus menjadi kunci untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Patimuan. Pencapaian akreditasi ini membuktikan bahwa ketika semua pihak bergandengan tangan, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk mencapai pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.