Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung disebelah barat dengan Provinsi Jawa Barat tepatnya Kabupaeten Pangandaran. Secara geografis mayoritas warga masyarakatnya adalah bercocok tanam. Tanaman padi menjadi komoditi andalan di Desa yang berpenduduk -+ 10.000 jiwa. Tentunya dengan budaya yang majemuk karena bahasa keseharian yang dipakai ada Jawa dan Sunda.

Dalam hal bertani kadang antara masyarkat jawa dan Sunda berbeda hitungan dalam penentuan kapan dimulainya kegiatan bercocok tanam. Namun semuanya akan kembali pada ketentuan musim terlebih pada saat sekarang ini terjadi anomali cuaca. Menjadi berkah tersendiri sebetulnya karena kedua suku yang ada di Desa Sidamukti dapat menggarap sawahnya secara bersama-sama dan saling mengingatkan untuk segera bercocok tanam.

Hari ini Kamis, 11 – 11- 22 menurut hemat penulis hari yang baik dari hari hari baik lainnya untuk bercocok tanam mengingat tanggal hari, bulam dan tahun sangat mudah untuk diingat dalam menghitung kapan mulai bercocok tanam dan kapan mengakhiri dengan panen.

Terlepas dari itu semua, kami berharap pertanian yang ada di Sidamukti khususnya akan berkembang, Meraka para petani dapat menghasilkan gabah yang melimpah dengan nilai jual yang tinggi tanpa ada halangan yang berarti termasuk anomali cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Pemdes terus akan berupaya dan berusaha sekuat tenaga agar pertanian diwilayahnya berdaya dan maju.

Kita harus tetap optimis bahwa pertanian adalah salah satu komoditi penting negeri ini dan Sidamukti suatu saat akan menjadi icon Desa Swasembada Pangan. Ya Tuhan berikan mereka kekuatan untuk tetap semangat menjalani hidup ditengah kesulitan, Ya Tuhan berikan mereka kesabaran untuk tetap menjadi pribadi yang rendah diri dengan rezeki yang barokah. Aaamiin Yaa Robbal ‘Alaamiin.