Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, sebuah desa yang terletak di pedesaan yang indah, menjadi saksi dari tradisi yang kaya dan budaya yang kuat. Setiap tahun, masyarakat Desa Sidamukti mengadakan Musyawarah Desa untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan Sedekah Bumi, sebuah acara penting yang melibatkan seluruh warga desa.

Pada tahun 2023, Musyawarah Desa untuk Kegiatan Sedekah Bumi di Desa Sidamukti menjadi sorotan utama. Acara ini menjadi ajang penting bagi warga desa untuk berdiskusi, mengambil keputusan, dan merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut Sedekah Bumi.

Musyawarah Desa adalah wadah partisipatif di mana semua penduduk desa, dari berbagai lapisan masyarakat, memiliki kesempatan untuk berbicara, menyampaikan pendapat, dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks Kegiatan Sedekah Bumi, Musyawarah Desa memungkinkan warga desa untuk menyusun rencana yang inklusif dan menghargai kepentingan serta kebutuhan semua pihak.

Salah satu tujuan Musyawarah Desa adalah untuk mempererat kebinekaan di Desa Sidamukti. Dalam sebuah desa yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan latar belakang sosial, kebinekaan menjadi pondasi yang kuat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Melalui dialog terbuka dan penghargaan terhadap perbedaan, warga desa dapat merangkul keanekaragaman budaya dan menghormati nilai-nilai masing-masing kelompok.

Musyawarah Desa juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks Sedekah Bumi, kegiatan ini diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen dan kehidupan yang diberikan. Musyawarah Desa menjadi ajang untuk merencanakan distribusi hasil sedekah yang adil dan merata kepada seluruh anggota masyarakat. Hal ini mendorong solidaritas dan keterlibatan aktif dalam memastikan bahwa semua orang di desa dapat merasakan manfaat dari kegiatan Sedekah Bumi.Musdes Rembug Suran Desa 2023

Tahun 2023 menandai tahun yang istimewa bagi Musyawarah Desa untuk Kegiatan Sedekah Bumi di Desa Sidamukti. Untuk memfasilitasi diskusi dan pengambilan keputusan.  warga desa dapat mengusulkan ide, memberikan masukan, dan memilih opsi terbaik untuk menjalankan kegiatan Sedekah Bumi.

Dalam Musdes atau Rembug Suran ini disepakati beberapa point diantaranya :

  1. Pagelaran Seni Budaya Pementasan Wayang Kulit Dalang Sikin Hadi Carito dari Cilacap Barat dengan Tajuk Ruwatan dan Sedekah Bumi pada Sabtu, 11 Agustus 2023;
  2. Pembentukan Panitia dalam rangka memperlancar kegiatan dengan SK Kepala Desa dan terpiih melalui Vooting Sukriono (Kadus Gendiwungcagak) selaku Ketua Pelaksana Kegiatan;
  3. Ketua terpilih membentuk kepanitiaan agar pelaksanaan kegiatan sesuai job diskripsi masing-masing.
  4. Penyusuna Rencana Anggaran Biaya Kegiatan Rp. 40.000.000,00 dengan Rincian Rp. 15.000.000 dari APBDes, Rp. 2.000.000,00 dari Pribadi Kepala Desa dan Sisanya adalah Keswadayaan Masyarakat Desa
  5. Iuran per rumah sebesar Rp. 15.000,00 (lima belas ribu rupiah) menjadi point terakhir kesepakatan dan dikumpulkan pada panitia maksimal tanggal 30 Juli 2023.

Partisipasi aktif dalam Musyawarah Desa telah menghasilkan banyak perubahan positif di Desa Sidamukti. Kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, kebinekaan semakin kuat, dan kegiatan Sedekah Bumi berlangsung dengan sukses setiap tahunnya. Desa Sidamukti menjadi contoh yang menginspirasi bagi desa-desa lain dalam mengembangkan kehidupan berbudaya, berkebinekaan, dan berdaya saing.

Musyawarah Desa untuk Kegiatan Sedekah Bumi Tingkat Desa Sidamukti Tahun 2023 adalah sebuah perayaan dari semangat gotong royong dan persatuan. Dalam rangka menyambut Sedekah Bumi, warga desa berkumpul untuk saling mendengarkan, berdialog, dan merencanakan kegiatan yang akan memperkuat hubungan sosial, menghormati budaya, dan meningkatkan kesejahteraan bersama.