Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Hari pendidikan nasional atau yang sering disebut dengan Hardiknas selalu menjadi momen yang penting bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 2023, perayaan Hardiknas akan disambut dengan momen Idul Fitri yang jatuh pada tahun 1444 H. Momen ini tentu saja menjadi waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi dan halal bihalal antara Pemerintah Desa Sidamukti dan Lembaga Desa.

Silaturahmi dan halal bihalal adalah tradisi yang telah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada momen-momen tertentu, terutama saat perayaan Idul Fitri. Tradisi ini dianggap sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan selama setahun terakhir dan sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar sesama. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkatnya, Ketua BPD dan Anggota, Ketua TP PKK beserta Anggota, ketua LPPMD dan Anggota, Danton Linmas dan Anggota Lembaga Desa Ketua RT/RW se Desa Sidamukti, kader Posyandu dan kesehatan desa juga Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sidamukti, Total Jumlah Undangan sekitar 150 orang.

Silaturahmi dan Halal BIhalal Pemdes Sidamukti 2023

Pada perayaan  Idul Fitri 1444 H Tanggal 22 April yang dirayakan oleh sebagian besar Masyarakat Indonesia berikut rangkaiannya (Silaturahmi dan Halal Bihalal). Pun begitu Pemdes Sidamukti menyelenggarakan Acara Silaturahmi dan Halal Bihalal bertepatan dengan Hardiknas sesuai dengan anjuran Pj. Bupati Cilacap untuk diadakan setelah tanggal 02 Mei 2023, Pemerintah Desa Sidamukti dan Lembaga Desa dapat mengadakan acara silaturahmi dan halal bihalal pada momen Hardiknas adalah sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan dan sebagai upaya untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Dalam acara tersebut, Pemerintah Desa Sidamukti dan Lembaga Desa dapat saling bertukar informasi tentang program-program pendidikan yang sedang dijalankan, mengidentifikasi masalah yang ada dalam dunia pendidikan di desa tersebut, dan membahas cara-cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Mengutip sambutan dan arahan Kepala Desa Sidamukti SUTRISNO, selain tentunya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan Selamat hari Pendidikan Nasional mengigatkan kepada semua yang hadir pada kesempatan tersebut untuk menjaga kekompakan dan sinergitas dalam melayani warga masyarakat Desa Sidamukti mengingat pada momen lebaran Desa Sidamukti Aman, Tentram dan Kondusif seperti halnya kalimat yang disampaikan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sidamukti. Pentingnya untuk menjaga hal ini mengingat kedepan kita akan mengadakan pesta demokrasi dan Pemilihan Presiden bukan tidak mungkin terjadi gesekan-gesekan yang akan memicu perpecahan. Apresiasi setinggi-tingginya untuk semua lembaga desa yang telah berpartisipasi menjaga dan memberikan kenyamanan terhadap warga desa Sidamukti.

Acara silaturahmi dan halal bihalal juga dapat diisi dengan sambutan-sambutan dari tokoh-tokoh masyarakat atau pemimpin daerah yang dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dapat diadakan kegiatan-kegiatan yang menarik, seperti lomba-lomba yang berhubungan dengan pendidikan, bazaar untuk mengumpulkan dana bagi pendidikan, dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat menarik minat masyarakat dan menghibur mereka.

Perayaan Hardiknas dan Idul Fitri 1444 H dapat menjadi momen yang tepat untuk memperkuat hubungan antara Pemerintah Desa Sidamukti dan Lembaga Desa. Dengan melakukan acara silaturahmi dan halal bihalal, Pemerintah Desa dan Lembaga Desa dapat saling berkomunikasi dan bersinergi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Selain itu, momen tersebut juga dapat mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan di antara mereka.

Acara ditutup dengan Mushafahah atau berjabat tangan sebagai tanda saling memaafkan diantara kita. semoga menjadi bagian dari tradisi di masa-masa yang akan datang. AaamiiinJabat tangan diantara kita