Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Di Balai Desa Sidamukti, kegiatan sosialisasi persiapan pembentukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta Bupati dan Wakil Bupati Cilacap tahun 2024 telah berlangsung dengan sukses. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan proses pemilihan yang transparan, akurat, dan adil.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Sidamukti, Sutrisno, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Pantarlih dalam proses pemilihan. “Pantarlih memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa setiap warga yang berhak memilih terdaftar dengan benar dan dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemilihan,” ujar Sutrisno.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sidamukti, Kurniawan, menjadi narasumber utama dalam acara ini. Beliau memaparkan berbagai aspek teknis dan administratif yang terkait dengan pembentukan dan tugas Pantarlih. Kurniawan menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil oleh Pantarlih dalam mendata pemilih, mulai dari verifikasi data hingga pelaporan.

“Kita harus memastikan bahwa data pemilih yang kita kumpulkan akurat dan valid. Ini adalah dasar dari pemilihan yang adil dan demokratis,” kata Kurniawan. Beliau juga menekankan pentingnya kerjasama antara Pantarlih, PPS, dan berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Sekretariat PPS, Panwascam, pengawas tingkat desa, PPK Patimuan, dan peserta kegiatan lainnya. Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan sinergi dan komitmen bersama untuk menyukseskan pemilihan tahun 2024.

Sekretariat PPS dan Panwascam memberikan pandangan dan masukan mereka mengenai pengawasan dan tata cara pelaksanaan tugas Pantarlih. Mereka menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, serta mengingatkan peserta tentang peraturan dan regulasi yang harus diikuti.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para peserta aktif bertanya mengenai berbagai isu teknis dan prosedural yang mungkin dihadapi saat bertugas nanti. Kurniawan dan perwakilan Panwascam menjawab setiap pertanyaan dengan jelas dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi potensi kendala di lapangan.

Dalam penutupan acara, Sutrisno mengingatkan kembali akan pentingnya tugas Pantarlih dan berharap semua pihak yang terlibat dapat bekerja dengan dedikasi dan kejujuran. “Mari kita laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya demi masa depan demokrasi yang lebih baik di Jawa Tengah dan Kabupaten Cilacap,” pungkasnya.

Dengan selesainya sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai Pantarlih dan siap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang penting dalam menyongsong pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, serta bupati dan wakil bupati Cilacap tahun 2024 yang bersih dan demokratis.