Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, menjadi salah satu desa yang antusias dalam mendukung program Smart Village yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Sebagai bagian dari upaya ini, Desa Sidamukti telah melaksanakan sosialisasi program Smart Village sekaligus mengadakan Musyawarah Desa untuk menetapkan tim pengelola Ruang Komunitas Desa Digital pada bulan Maret tahun 2024.

Sosialisasi Program Smart Village

Sosialisasi program Smart Village bertujuan untuk memperkenalkan konsep dan manfaat desa pintar kepada seluruh warga Desa Sidamukti. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai aspek kehidupan desa, termasuk pelayanan publik, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Dalam sosialisasi yang diadakan di balai desa, perwakilan dari Kementerian Desa RI yaitu Koordinator Duta Digital Kabupaten Sdr Rizal dan Duta Digital untuk SIdamukti Sdr. Lutfiana Iskandar memberikan penjelasan mendalam tentang tujuan dan implementasi program Smart Village. Mereka menekankan pentingnya transformasi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Beberapa poin utama yang disampaikan antara lain:

– Peningkatan Pelayanan Publik: Penggunaan TIK untuk mempercepat dan mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan publik.
– Pemberdayaan Ekonomi: Pengembangan ekonomi desa melalui e-commerce dan platform digital lainnya.
– Pendidikan dan Kesehatan: Akses yang lebih baik terhadap informasi dan layanan pendidikan serta kesehatan melalui teknologi digital.

Musyawarah Desa Penetapan Tim Pengelola Ruang Komunitas Desa Digital

Hadir dalam kesempatan waktu itu Kepala Desa Sidamukti, Ketua BPD beserta anggota, Duta Digital selaku Narasumber, Sekretaris Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta elemen yang lain (seperti tampak gambar kehadiran). Setelah sosialisasi, dilanjutkan dengan Musyawarah Desa untuk menetapkan tim pengelola Ruang Komunitas Desa Digital. Ruang Komunitas Desa Digital ini diharapkan menjadi pusat kegiatan digitalisasi di Desa Sidamukti, menyediakan fasilitas dan pelatihan bagi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Musyawarah Desa diikuti oleh perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, dan perwakilan warga. Proses penetapan tim pengelola dilakukan secara demokratis dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk kemampuan teknis dan komitmen terhadap pengembangan desa digital. Tim pengelola yang terpilih terdiri dari:

– Pengarah: Kepala Desa atau Pejabat yang ditunjuk
– Pembina: Duta Digital
– Pengawas: Badan Permusyawaratan Desa
– Penanggungjawab: Kader Digital

– Ketua kelompok diskusi komunitas: Anggota masyarakat yang terlibat dalam kelompok diskusi, seperti kelompok tani, kelompok PKK, kelompok perempuan, kelompok pemuda, dll.

Harapan dan Tindak Lanjut

Dengan adanya program Smart Village dan penetapan tim pengelola Ruang Komunitas Desa Digital, diharapkan Desa Sidamukti dapat menjadi contoh desa yang berhasil dalam mengimplementasikan transformasi digital. Beberapa langkah tindak lanjut yang akan dilakukan antara lain:

1. Pelatihan dan Edukasi: Mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat desa.
2. Pengembangan Infrastruktur: Membangun dan mengoptimalkan infrastruktur digital di desa.
3. Kerjasama dengan Pihak Eksternal: Menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan untuk mendukung pengembangan desa digital.

Sosialisasi program Smart Village dan Musyawarah Desa untuk penetapan tim pengelola Ruang Komunitas Desa Digital di Desa Sidamukti merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju desa pintar. Dengan komitmen dan kerjasama seluruh elemen masyarakat, diharapkan transformasi digital ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga Desa Sidamukti secara berkelanjutan.