Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

TIm Jambore Sidamukti

Kecamatan Patimuan, sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu bukti nyata dari upaya ini adalah diselenggarakannya Jambore Posyandu tingkat kecamatan Patimuan tahun 2023. Acara ini menjadi momen penting dalam memperkuat peran posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar di masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini Selasa, 6 Juni 2023 di FJA Cafee and Resto Bumireja Kecamatan Kedungreja.

Posyandu, singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan masyarakat yang memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan kesehatan. Jambore Posyandu tingkat kecamatan Patimuan tahun 2023 mengundang 7 (tujuh) posyandu yang ada di kecamatan Patimuan termasuk Kader Posyandu Desa Sidamukti, menghadirkan keragaman program dan inovasi dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

Tujuan utama dari Jambore Posyandu ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, memperkuat kemitraan antara masyarakat dan petugas kesehatan, serta memperkenalkan berbagai inovasi dalam pelayanan kesehatan di posyandu. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan posyandu dan mendorong adopsi gaya hidup sehat.

Dalam Jambore Posyandu tahun 2023, terdapat sejumlah kegiatan yang diselenggarakan. Pertama, acara ini diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh pejabat daerah, tokoh masyarakat, dan para petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Patimuan. Upacara pembukaan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di kecamatan Patimuan.

Selanjutnya, dilakukan serangkaian kegiatan edukasi dan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Berbagai posyandu dari desa-desa di kecamatan Patimuan menghadirkan program-program inovatif dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat. Program-program tersebut meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, penimbangan bayi, imunisasi, serta pembagian makanan bergizi.

Selain itu, Jambore Posyandu tahun 2023 juga menyelenggarakan lomba-lomba yang melibatkan kader kesehatan dari perwakilan masing-masing desa. Lomba tersebut meliputi lomba yel-yel, lomba Dance Cuci Tangan, senam sehat serta cerdas cermat seputar pengetahuan kesehatan. Lomba-lomba ini bertujuan untuk mendorong masyarakat aktif terlibat dalam kegiatan kesehatan dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang kesehatan.

Desa Sidamukti mengirimkan 5 orang personil dalam mengikuti kegiatan Jambore tersebut, selain dari perwakilan posyandu di setiap dusun, adapula PPKBD TPK Desa, juga Bidan Desa ikut mendampingi peserta lomba. Dewi Masitoh selaku Tim Leader dengan anggota masing-masing yaitu; Endang Kusyanti, Kurniati, Sumiati, dan Asih Mutmainah datang membawa semangat yang tinggi dan persiapan yang matang berharap dapat mengikuti kegiatan dan pulang membawa trofi kejuaraan. Aaamiin.

Melalui Jambore Posyandu tingkat kecamatan Patimuan tahun 2023, diharapkan dapat terjadi peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarga. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kader dan petugas kesehatan, sehingga tercipta sinergi yang lebih baik dalam upaya mewujudkan kehidupan yang sehat dan berkualitas bagi seluruh warga Kecamatan Patimuan.

Komitmen yang kuat dari pemerintah daerah, petugas kesehatan, dan masyarakat setempat menjadi kunci sukses dalam penyelenggaraan Jambore Posyandu. Dengan adanya sinergi yang baik dan upaya berkelanjutan, diharapkan Jambore Posyandu tingkat kecamatan Patimuan tahun 2023 akan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat di Kecamatan Patimuan, serta menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dasar. Semoga bermanfaat. Aaamiin