Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada Jum’at, 13 Oktober 2023, Ranting Nahdlatul Ulama Sidamukti Patimuan menyelenggarakan acara ziarah deketan ke dua kota penting, yaitu Tasikmalaya dan Bandung. Ziarah ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, mengadakan doa bersama, serta mendalami ajaran-ajaran agama dalam sebuah perjalanan yang membawa berkah dan keberkahan.

Perjalanan ziarah dimulai pada sore hari, tepatnya pukul 15.00 WIB, dari markas Ranting Nahdlatul Ulama Sidamukti. Patimuan puluhan anggota Nahdlatul Ulama dari berbagai usia, latar belakang, dan profesi berkumpul dengan semangat kebersamaan yang tinggi. Mereka membentuk rombongan yang kompak dan penuh semangat untuk melakukan kegiatan keagamaan ini. Kegiatan ziarah ini dipimpin langsung oleh rois suriah KH. Achmad Toharun dan didampingi oleh Kyai Em Chasan selaku Tanfidziyah serta  tokoh masyarakat Desa Sidamukti Kyai Cano Misbahudin selaku Koordinator Armada.

Rute perjalanan ziarah dimulai dengan mengunjungi beberapa titik keramat dan pusat spiritual di Tasikmalaya. diantaranya Makam Syech Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya, Makam KH Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin atau Abah Anom serta Syeikh Dalem Haji Sepuh Sang Prabu Jampang Manggung (syech Panjalu) yang berada di tengah Danau Panjalu.  Selama perjalanan, para peserta ziarah melakukan dzikir, doa bersama, dan mendengarkan tausyiah tentang pentingnya memperkuat iman dan menjaga kebersamaan dalam beragama. Pemandu spiritual memberikan arahan-arahan yang mendalam, menggugah hati, dan membawa pesan-pesan kebaikan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah menempuh perjalanan ke Tasikmalaya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandung, Di Bandung peserta ziarah berkunjung ke Masjid Al Jabbar yang menjadi Icon Kota Bandung dan masjid kebanggaan masyarakat.kota bandung yang juga kaya akan nilai-nilai spiritual dan sejarah agama. Di sini, mereka melanjutkan rangkaian kegiatan dengan mengunjungi berbagai tempat ibadah dan pusat keagamaan. Para peserta ziarah berkesempatan untuk merenung, berdoa, dan memperdalam pemahaman keagamaan mereka.

Selain mempererat tali silaturahmi antaranggota Nahdlatul Ulama, acara ziarah deketan ini juga menjadi wadah untuk memahami sejarah, tradisi, dan nilai-nilai agama yang diyakini. Perjalanan ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan diri dan memperkokoh keyakinan akan kebesaran Tuhan serta meningkatkan ketaqwaan.

Kembali dari perjalanan ziarah, para peserta membawa rasa syukur dan semangat yang baru. Mereka merasa lebih terkoneksi dengan nilai-nilai agama dan lebih siap untuk membawa kebaikan kepada masyarakat sekitar. Semoga ziarah deketan kali ini menjadi pencapaian spiritual yang membawa berkah bagi Ranting Nahdlatul Ulama Sidamukti Patimuan. Semoga bermanfaat dan Barokah.